Rabu, 05 Desember 2012

Makalah Pengenalan Delphi


MAKALAH
PENGENALAN PROGRAM DELPHI




Description: UNP Colour Transparant




Oleh :

SITI MUHIMATUL KHOIROH
NPM : 12.1.03.02.0315





PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
TAHUN 2012

KATA PENGANTAR


Dengan mengucap puji dan syukur kehadirat Allah SWT, di mana atas rahmat dankarunia-Nya penyusun telah menyelesaikan makalah ini. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi yang berjudul “Pengenalan Program Delpi”.
Pada kesempatan ini, penyusun mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ratih Kumalasari. S.Kom. sebagai Dosen mata Kuliah Pengenalan Teknologi Informasi yang telah memberikan bimbingan, sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat waktu.Tak lupa kepada orang tua yang selalu mendukung dan mendoakan. Serta teman-teman dan semua pihak yang telah terlibat dalam pembuatan makalah ini.
Penulis menyadari masih banyak kekurangandan masih jauh dari kesempurnaan dalam makalah yang penulis buat ini, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman untuk menyempurnakan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa Teknik pada umumnya dan mahasiswa Teknik Informatika pada khususnya.



Penyusun,










DAFTAR ISI


Halaman Judul ………………………………………………………………….       i
Kata Pengantar ………………………………………………………………….       ii
Daftar Isi …………………………………………………………………………..     iii
BAB     I   : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang …………….……………………………………      1
B.    Tujuan …………………………………………………………...      1
BAB     II  : PEMBAHASAN
A.    Pengertian Delphi ………………………………………...……       2
B.    Panduan Instalasi Borlan Delphi 7 ……………………………       4
C.   IDE Borland Delphi 7 ………………………..………...….……      6
D.   Membuat Aplikasi Sederhana …………………………………      11
E.    Fungsi File-File Pada Direktori Proyek Delphi ……………….      12
BAB     III : PENUTUP


















BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Delphi adalah salah satu bahasa pemrograman berbasis visual yang digunakan untuk membuat program aplikasi pada komputer (seperti Visual basic). Bahasa pemrograman yang digunakan oleh Delphi sebenarnya merupakan turunan dari bahasa pemrograman pascal, yang dahulu pada Delphi dikenal sebagai objek pascal. Bagi Anda yang telah mengenal bahasa pemrograman pascal, maka mungkin Anda tidak akan terlalu kesulitan dalam mempelajari Delphi.
Delphi relatif lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, disamping itu banyak referensi terutama dalam bentuk buku yang membahas tentang bahasa pemrograman ini. Delphi telah terbukti mampu menghasilkan software-software yang berkualitas, baik yang berskala besar maupun kecil, teknologi yang digunakan pada Delphi pun cukup uptodate.
Sampai saat ini, Borland sebagai perusahaan pembuat Delphi, terus menyempurnakan Delphi mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. Hal ini menjadikan Delphi sebagai salah satu pilihan utama yang cukup banyak digunakan oleh para programmer di Indonesia khususnya, sebagai tools dalam proyek pengembangan software.
Versi dari Delphi yang digunakan sebagai acuan dari DFN ini adalah Borland Delphi Versi 7, namun meskipun demikian Anda bisa menggunakan Delphi versi lainnya, karena relatif hampir sama. Delphi 7 merupakan versi yang cukup stabil bila digunakan di Windows 98, 2000, XP, bahkan Vista dibandingkan dengan Delphi Versi lainnya.

B.   TUJUAN
Tujuan dari Pengenalan program Delphi ini untuk memberikan pengetahuan pada mahasiswa Teknik Informatika khususnya mengenai bahasa pemrograman sebagai dasar dalam pembuatan aplikasi pada komputer.
BAB II
PEMBAHASAN

A.   PENGERTIAN DELPHI
Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ), sehingga lebih mudah untuk digunakan . Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut awalnya milik borland, sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi.
 Delphi juga menggunakan konsep yang berorientasi objek ( OOP ) , maksudnya pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya . Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendesign objek untuk menyelesaikan masalah . OOP ini memiliki beberapa unsur yaitu ; Encapsulation ( pemodelan ) , Inheritance ( Penurunan ) , Polymorphism ( Polimorfisme ).
Awalnya bahasa pemrograman delphi hanya dapat digunakan di Microsoft Windows, namun saat ini telah dikembangkan sehingga dapat digunakan juga di Linux dan di Microsoft .NET . Dengan menggunakan free pascal yang merupakan proyek OpenSource, bahasa pemrograman ini dapat membuat program di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE .
Umumnya delphi hanya digunakan untuk pengembangan aplikasi dekstop, enterprise berbasis database dan program - program kecil . Namun karena pengembangan delphi yang semakin pesat dan bersifat general purpose bahasa pemrograman ini mampu digunakan untuk berbagai jenis pengembangan software . Dan Delphi juga disebut sebagai pelopor perkembangan RadTool ( Rapid Apllication Development ) tahun 1995 . Sehinnga banyak orang yang mulai mengenal dan menyukai bahasa pemrograman yang bersifat VCL ( Visual Component Library ) ini.
1.    Sejarah Borland Delphi
·         Delphi versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)
·         Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)
·         Delphi versi 3 (berjalan pada windows 95 keatas dengan tambahan fitur internet atua web)
·         Perkembangan selanjutnya diikuti dengan Delphi versi 4, 5 dan 6.
·         Versi terkini dari delphi adalah versi 7 dengan tambahan vitur .net dengan tambahan file XML
2.    Kegunaan Delphi
·         Untuk membuat aplikasi windows
·         Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
·         Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)
·         Untuk merancang program .Net (berbasis internet)
3.    Keunggulan Delphi.
IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.

4.    Kekurangan dari Delphi antara lain:
·         Partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya)
·         Akses pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal
·         Dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses COM dan Win32)




B.     PANDUAN INSTALASI BORLAND DELPHI 7
Sebelum menginstal Software Borland Delphi 7 pada computer, yang harus diperhatikan dahulu adalah kebutuhan minimal system computer untuk bisa diinstall software ini :
Processor Intel Pentium 166 MHz atau yang lebih tinggi namun disarankan minimal P2 400 MHz, penggunaan processor selain Intel juga bisa asalkan dengan kemampuan setara.
Sistem Operasi Windows 98, 2000, XP
Space harddisk yang dibutuhkan untuk full install adalah 475 MB (Enterprise Edition)
RAM 256 MB
CD-ROM Drive
VGA atau resolusi monitor yang tinggi
Mouse atau alat penunjuk digital lainnya
Kalau sudah maka kita jalankan file Install.exe pada CD Distribusi Borland Delphi 7. Maka akan muncul form berikut ini :

Pilih Delphi 7 untuk melanjutkan menginstalasi Delphi 7, dan tunggu hingga muncul form seperti berikut
Klik Next, maka akan muncul form Serial Number, masukkan Serial Numbernya.
Klik Next lalu ikutin tahapan berikutnya klik Next terus hingga
Klik Finish
Klik Yes, maka computer akan restart untuk meyelesaikan konfigurasi. dan selesai.
Langkah – langkah mengaktifkan Delphi 7.
·         Klik start.
·         pilih All Programs.
·         pilih Borland Delphi.
·         pilih dan klik Delphi 7.
Description: http://idahceris.files.wordpress.com/2012/01/delphi.jpg?w=218&h=300


Description: http://idahceris.files.wordpress.com/2012/01/delphi-depan.jpg?w=300&h=160






Jendela Utama Delphi.


C.   IDE BORLAN DELPHI 7
IDE (Integrated Development Environment) yaitu sebuah lingkungan pengembangan yang terintegrasi, istilah IDE popular untuk menyebut software-software bahasa pemrograman dimana proses pengembangan programmnya mulai dari koding, designing dan debugging dilakukan pada satu framework atau pada satu aplikasi yang terintegrasi.
Delphi memiliki lingkungan pengembangan yang terpadu atau IDE (Integrated Development Environment), artinya untuk membuat sebuah program mulai dari perancangan desainnya hingga kompilasi programnya, kita cukup menggunakan satu interface Delphi.
Untuk menjalankan IDE Delphi, melalui menu Start | All Programs | Borland Delphi 7 | Delphi 7, maka akan muncul tampilan IDE Delphi seperti pada Gambar dibawah ini. IDE Delphi tersebut terbagi menjadi tujuh bagian utama, yaitu : Menubar, Toolbar, Component Palette, Form Designer, Code Explorer, Object Treeview dan Object Inspector
Tampilan IDE Delphi

Menubar dan Toolbar

Menubar dan Toolbar merupakan dua bagian yang biasanya terdapat pada aplikasi-aplikasi windows lain. Fungsi dari Menubar dan Toolbar ini relatif hampir sama dengan aplikasi window lain, kecuali menubar yang biasa digunakan dalam pembuatan program.
Component Palette
Component Palette
Component Palette berisi kumpulan VCL (Visual Component Library) yang berguna dalam desain aplikasi. VCL merupakan pustaka untuk komponen visual, dimana dalam component palette dilambangkan dengan ikon yang merepresentasikan komponen tersebut.
Komponen-komponen VCL pada component palette dikelompokkan ke dalam tab-tab, sesuai dengan fungsinya, dengan maksud untuk memudahkan programmer dalam memilih komponen yang diinginkannya.
Form Designer


Form Designer
Setiap aplikasi biasanya memiliki jendela atau background interface, yang dalam bahasa pemrograman Delphi atau bahkan dalam bahasa pemrograman lain yang berbasis visual, biasa disebut dengan Form. Form Designer berfungsi sebagai tempat untuk mendesain form untuk aplikasi yang akan kita buat, dan juga sebagai tempat untuk meletakkan komponen-komponen yang kita ambil dari component palette.

Code Explorer
Code Explorer
Code Explorer merupakan area di mana kita menuliskan kode program, posisinya secara default terletak dibelakang form. Untuk menampilkan code explorer di depan form menggunakan tombol F12 pada keyboard. Pada code explorer tersebut akan melihat kode-kode dalam bahasa pemrograman delphi yang secara otomatis digenerate oleh Delphi, hal ini jelas akan memudahkan atau mempercepat kita dalam menulis program.
Pada code explorer Delphi, ada sebuah fitur yang disebut dengan code completion. Sesuai dengan namanya, code completion berfungsi melengkapi kode yang ditulis dalam bentuk pilihan/list dari code-code yang bisa digunakan, hal ini akan sangat membantu apabila lupa terhadap kode tertentu.
Code completion ini secara otomatis akan muncul dengan menekan tombol titik pada keyboard, selain itu bisa juga dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Space secara bersamaan.
Disamping code completion, code explorer pada delphi juga dilengkapi dengan hint (layer berwarna kuning yang muncul ketika mouse didekatkan pada komponen tertentu). Hint ini muncul ketika menggunakan procedure atau fungsi dan menekan tombol ( pada keyboard, pada hint tersebut akan muncul nama dan tipe data dari parameter yang digunakan atau informasi lain yang diperlukan.

Object TreeView
Object TreeView
Object TreeView adalah bagian yang berisi daftar komponen yang digunakan dalam form designer. Dengan model tampilan bercabang, akan memudahkan kita dalam menunjuk komponen tertentu terutama jika aplikasi yang dibuat menggunakan banyak komponen.
Object Inspector

Object Inspector
Object Inspector adalah bagian yang digunakan untuk memanipulasi sifat atau karakteristik dan event dari komponen yang kita gunakan dalam form designer. Jendela object inspector terbagi menjadi dua bagian tab, yaitu tab property dan tab event. Tab property digunakan untuk memanipulasi properti yang dimiliki oleh komponen tertentu, misalkan ukuran, warna dan caption dari komponen. Sedangkan Tab Event digunakan untuk menangani pemasukan kode pada kejadian tertentu dari suatu komponen, misalnya : kejadian ketika komponen button (tombol) diklik atau onClick.
D.     MEMBUAT APLIKASI SEDERHANA
Untuk memulai membuat aplikasi, pada menubar Delphi, pilih menu File | New | Application, maka akan ditampilkan sebuah form kosong. Kemudian simpan dahulu aplikasi Anda tersebut dengan memilih menu File | Save All, pada kotak dialog save, pilihlah direktori tempat Anda akan menyimpan file aplikasi / proyek Anda, atau buatlah direktori baru jika Anda belum membuatnya, hal ini dilakukan agar lebih mudah bagi Anda dalam mengedit program buatan Anda.
Kotak Dialog Save Unit1

Kotak dialog tersebut meminta Anda memasukkan nama file unit dari form Anda, isilah nama unit dengan UnitMain.pas kemudian klik OK. Selanjutnya, Delphi akan menampilkan kembali kotak dialog save, namun kali ini, Delphi meminta memasukkan nama file proyek. Isilah nama proyek, misalnya ProjectMain.dpr.
Setelah menyimpan proyek Delphi, selanjutnya, cobalah menjalankan program tersebut melalui menu Run | Run. Tunggu beberapa saat hingga Delphi menyelesaikan proses kompilasi program. Jika sudah, maka akan melihat sebuah form yang posisinya di atas IDE Delphi. Form yang muncul tersebut merupakan tampilan aplikasi buatan kita yang telah dibuat menggunakan Delphi.
Layaknya aplikasi windows lain, bisa menggeser posisi form tersebut, memperbesar, memperkecil, meminimalkan dsb. Untuk menutup aplikasi/form tersebut tekan tombol bergambar silang yang terletak pada sudut kanan form, Atau bisa juga menghentikan aplikasi yang dijalankan pada Delphi dengan memilih menu Run | Program Reset, maka tampilan Delphi akan kembali seperti semula.
Sampai di sini telah berhasil membuat aplikasi sederhana menggunakan Delphi yang berisi sebuah form kosong.


E.        FUNGSI FILE-FILE PADA DIREKTORI PROYEK DELPHI
Setelah membuat aplikasi sederhana dan sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya Anda mengamati file-file yang terbentuk dari pembuatan proyek tersebut, Anda bisa melihat file-file tersebut pada direktori tempat Anda menyimpan file unit dan file proyek Anda.
Setelah membuka direktori tersebut pada window explorer, maka Anda akan melihat file-file lain yang tidak pernah Anda simpan secara langsung. Agar Anda mengetahui fungsi dari masing file tersebut, berikut ini akan dijelaskan file-file yang terbentuk tersebut satu per satu.

File-file Delphi pada Windows Explorer




ProjectMain.dpr
File ini berisi program utama dari aplikasi. Semua kode program yang yang ada dalam file ini secara otomatis akan dibuat oleh Delphi sesuai dengan perubahan aplikasi kita. Namun pada tingkat expert, seringkali pemrogram menuliskan beberapa baris program pada file ini, seperti untuk membuat Splash screen atau form pembuka, atau melakukan setting awal dari program.
ProjectMain.pas
File ini berisi kode program kita yang biasanya berhubungan dengan form. Misalnya, ketika kita menuliskan kode program untuk kejadian onClick pada form atau komponen lain, maka kode tersebut akan disimpan kedalam file yang berekstensi *.pas ini.
Biasanya, tidak semua kode dalam file ini ditulis secara langsung oleh pemrogram. Sebab Delphi telah menggenerate dan membuat semacam kerangka program. Namun pada kasus-kasus tertentu, terutama ketika file unit tersebut tidak berhubungan dengan form manapun, maka pemrogram harus menuliskan sendiri seluruh kode dalam unit tersebut.
ProjectMain.dfm
File ini berisi daftar komponen yang digunakan dalam form serta beberapa setting properti dari komponen tersebut juga terdapat pada file ini.
ProjectMain.res
File ini berisi info versi resource dan icon dari aplikasi, atau bisa juga digunakan untuk menyimpan resource lain yang akan digunakan dalam aplikasi seperti kursor, bitmap dll. Untuk melihat atau mengedit file ini, Delphi menyediakan utilitas Image edit yaitu pada menu Delphi pilih Tools | Image Edit. Atau pada desktop windows, pilih menu Start | All Programs |Borland Delphi 7 | Image Editor.
ProjectMain.cfg
File tersebut merupakan file yang menyimpan konfigurasi proyek/program. File tersebut memiliki nama yang sama dengan file proyek yang dibuat tetapi dengan ekstensi berbeda. Mula-mula compiler Delphi akan mencari file dcc32.cfg di directory dari compiler tersebut, kemudian di direktori current (direktori yang aktif), dan baru kemudian mencari file dengan nama yang sama dengan nama proyek, namun dengan ekstensi *.cfg yang terletak di direktori proyek.
ProjectMain.dof
File ini berisi seting dari proyek atau aplikasi kita, seperti seting dari kompiler dan linker, seting direktori dsb.
ProjectMain.dcu
File ini merupakan file hasil dari kompilasi file unit Anda yang akan digunakan untuk membuat file executable.
ProjectMain.exe
File ini merupakan file executable atau file program kita. Untuk menjalankan file ini Anda bisa mengklik dua kali file ini, maka Anda akan melihat form yang baru Anda buat dengan Delphi muncul. Pada Aplikasi sederhana, file inilah yang nantinya akan didistribusikan, maka tidak perlu menyertakan file-file lain untuk memperlihatkan aplikasi  pada orang lain.















BAB III
PENUTUP

Dari Uraian pengenalan Program Delphi di atas penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa program ini mudah digunakan oleh seorang programmer pemula. Adapun sejumlah kelebihan Delphi antara lain meliputi:
·         Dapat mengkompilasi menjadi single executable (aplikasi portable), memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning
·         Banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging)
·         Optimasi kompiler yang cukup cepat
·         Mendukung multiple platform dari source code yang sama
·         Untuk yang dikelola oleh embarcadero, delphi dapat dijalankan pada multiflatform yaitu windows, linux, android, IOS.

















DAFTAR PUSTAKA


 Hafid Mukhlasin dkk, http://delphiscript.blogspot.com




1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Delphi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4788/1/Agung-Presentasi.pdf

    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus